Beranda » Artikel » Aneka Masakan Ciri Khas Banyuwangi Yang Terkenal

Aneka Masakan Ciri Khas Banyuwangi yang terkenal

Aneka Masakan Ciri Khas Banyuwangi yang Terkenal juga terkenal akan wisata kulinernya yang menggugah selera. Mulai dari hidangan pedas, perpaduan makanan unik, sampai camilan ringan untuk dinikmati sambil minum teh, semua tersedia di salah satu kota paling populer ini.
Pokoknya Sobat Traveler wajib banget deh mencicipi berbagai rekomendasi masakan khas Bumi Blambangan Banyuwangi berikut biar nggak menyesal!

Aneka Masakan Ciri Khas Banyuwangi yang terkenal

  • Ayam pedas

aneka masakan

Pertama-tama, ada hidangan khas Banyuwangi yang terbuat dari ayam kampung dan diolah bersama kuah pedas campuran cabai rawit dan santan nih, namanya ayam pedas. Sekilas, ayam pedas memiliki rupa seperti ayam opor tetapi dengan kuah lebih pucat dan rasa pedasnya yang menggoyang lidah. Ayam pedas biasanya disantap bersama nasi hangat dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

  • Telur Cit

aneka masakan

Endog cit alias telur petis jadi menu selanjutnya yang wajib Sobat Pesona cicipi di Banyuwangi. Hidangan dengan warna coklat pekat dan memiliki rasa gurih khas bumbu petis beserta aroma wangi dari daun jeruk. Telur petis umumnya menjadi santapan warga lokal Banyuwangi saat Hari Raya Idul Fitri.

  • Sego tempong

aneka masakan

Kalau mau menyantap sepaket komplit kuliner Banyuwangi yang mudah ditemukan di seluruh pelosok kota, sego tempong adalah jawabannya! Ya, sego tempong atau nasi tempong ini adalah menu kebanggaan warga Banyuwangi yang kelezatannya sudah tak perlu diragukan lagi. Seporsi sego tempong terdiri dari nasi putih, sayuran rebus, tahu, tempe, ikan asin, dan pastinya sambal mentah yang super pedas.

Sobat Pesona tahu nggak, sambal mentah yang super pedas itu ternyata jadi awal mula nama nasi tempong tercipta, lho. Karena saat menikmati seporsi kudapan ini sensasi pedasnya seperti di ‘tempong’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti ditampar atau ditempeleng.

  • Ayam kesrut

aneka masakan

Banyuwangi terkenal dengan ragam kuliner pedasnya dan ayam kesrut menjadi salah satu yang paling menggoda. Olahan ayam beserta kuah bening dengan rasa pedas yang bikin keringat bercucuran ini adalah masakan khas penduduk asli Banyuwangi, Suku Osing. Selain rasa pedas cabai, ayam kesrut yang punya nama lain uyah asem ini pun memiliki rasa yang segar karena campuran belimbing wuluh dan kecombrang di dalamnya.

  • Pecel rawon

aneka masakan

Sobat Pesona jangan heran ketika mendengar nama kudapan khas Banyuwangi ini, karena kenyataannya memang terdiri dari perpaduan sayuran rebus berbumbu pecel serta rawon dengan kuah kluweknya. Betul, hidangan pecel rawon sangatlah unik baik dari nama hingga rasanya yang pedas, manis, dan gurih berkat tambahan rempeyek di atasnya. Kalau penasaran dengan cita rasa pecel rawon, langsung ke rumah makan di sekitar Banyuwangi deh, Sobat Pesona!

  • Rujak soto

aneka masakan

Jika sebelumnya ada pecel rawon, makanan unik dari Bumi Blambangan yang selanjutnya adalah rujak soto. Nah, rujak yang dimaksud merupakan rujak yang identik dengan bumbu petis, lalu dipadu bersama soto yang terbuat dari kuah kaldu hasil rebusan daging sapi dan jeroan sapi. Dalam seporsi rujak soto, Sobat Pesona bisa menyantap rujak petis, potongan jeroan sapi dengan kuah soto dan juga potongan lontong sekaligus di satu piring. Beberapa warung makan di Banyuwangi juga menjual rujak soto dengan ceker ayam, lho.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.