Beranda » Artikel » 10 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Paling Hits

10 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Paling Hits

10 Tempat Wisata Banyuwangi yang paling hits cocok untuk liburan anda dan didominasi dengan corak destinasi alam serta budaya. Dengan adanya kekompakan masyarakat sekitar yang selalu membangun serta menjaga keindahan alam dan savana.

10 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Paling Hits

  • Wisata Banyuwangi Gunung Kawah Ijen

wisata banyuwangi

Tentu tak berkesan jika berkunjung ke Wisata Banyuwangi, tanpa menuju ke kawah Ijen. Bukan hanya menikmati keindahan alam dan gunungnya, kamu wajib menikmati pemandangan api biru atau Blue Fire di sana.
Untuk dapat menyaksikannya, kamu harus datang pada dini hari. Dari pos Paltuding, kamu dapat berjalan sejauh sekitar 3 km untuk bisa melihatnya.
Baca juga keseruan Gunung Kawah Ijen Penuh Tantangan

  • Baluran – Africa Van Java

wisata Banyuwangi

Baluran Africa Van Java merupakan obyek wisata yang terletak diantara Kota Banyuwangi. Secara administratif TN Baluran masuk wilayah Situbondo, tetapi sebenarnya jaraknya lebih dekat bila wisatawan melakukan perjalanan dari Banyuwangi. Baluran merupakan savana terluas yang ada di Pulau Jawa. Baluran memiliki luas area sekitar 25 ribu hektar.
Berbeda dengan taman nasional lain yang menyerupai hutan belantara, Baluran memiliki hamparan hijau padang rumput luas. Luas savana atau padang rumput baluran mencapai sepertiga luas keseluruhan yakni sekitar 10 ribu hektar. Dan sebagian wilayahnya, juga merupakan tempat konservasi yakni hutan lindung.
Rerumputan terbentang luas sepanjang pandangan mata, beberapa pohon bercabang banyak seolah terlihat mekar di atas rerumputan. Selain itu latar belakang tingginya Gunung Baluran juga menambah pesona Baluran. Gunung Baluran menjulang akan tampak jelas saat cuaca cerah. “Africa Van Java” menjadi julukan yang melekat dengan Baluran.
Baca juga kejelasan tentang Baluran African Van Java

  • Wisata Banyuwangi Pulau Tabuhan

wisata banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi Salah satu obyek wisata yang jadi surga bagi para diver dan snorkeler .
dan memiliki luas sekitar 5 hektar. Meski kecil tetapi di sinilah wisatawan bisa memperoleh pengalaman menarik di kawasan ujung timur Pulau Jawa. Pulau menyimpan aneka kekayaan hayati. Bagi para wisatawan yang ingin snorkeling di Tabuhan, dapat menyewa peralatan snorkeling satu set. Apabila ingin menikmati keseruan camping bersama teman-teman, sebaiknya perhatikan lokasi dan cari yang agak jauh dari ombak.
Pulau Tabuhan termasuk pulau dengan suasana masih alami. Ombak di Pulau Tabuhan utara cukup tenang dan biasanya para pengunjung melakukan kegiatan snorkeling. Airnya jernih berwarna hijau kebiruan. Selain melihat dan berenang dengan ikan-ikan berukuran kecil, snorkeler juga akan banyak menemukan terumbu karang serta hewan-hewan laut lainnya.
Para penggemar olahraga tersebut akan memperoleh angin yang cukup kencang dan cocok untuk mengudara, surfing menggunakan papan selancar dan parasut.
Perjalanan bisa di mulai dari pusat Kota Banyuwangi, kemudian wisatawan transit lebih dulu di obyek Pantai Bangsring.
Infomasi Pulau Tabuhan Banyuwangi

  • Wisata Banyuwangi Pantai Teluk Hijau

wisata banyuwangi

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi biasa dikenal pula dengan nama Senggrong. Nama tersebut lebih akrab bagi telinga masyarakat setempat. Jadi, apabila wisatawan ingin bertanya mengenai Teluk Hijau kepada penduduk sekitar, maka sebaiknya bertanyalah dengan menyebutkan nama “Senggrong”. Tidak banyak masyarakat setempat yang mengetahui nama Teluk Biru atau Blue Bay.
Suasana alami masih terpelihara, tidak heran apabila air lautnya masih jernih. Bernama Teluk Biru, karena kejernihan airnya hingga nampak kebiruan. Sayangnya, belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan destinasi wisata yang bagaikan Surga tersembunyi ini.
Teluk Hijau Banyuwangi dikenal pula dengan nama teluk ijo ataupun Green Bay.

  • Wisata Banyuwangi Pantai Pulau Merah

wisata banyuwangi

Pantai Pulau Merah Banyuwangi seperti menjadi lokasi yang paling bagus untuk traveling. liburan ke pantai yang menakjubkan ini sudah menjadi keharusan lho!
Keunikan Pantai Pulau Merah Banyuwangi Untuk Para Traveler
Apakah kamu seorang traveler? Nah, sudahkah kamu berkunjung ke salah satu pantai di Banyuwangi?
Lantas, kira-kira keunikan apa yang dihadirkan pantai ini untuk para traveller masa kini? Cek di bawah ini!

  1. Lokasi Yang Tepat Untuk Selancar
    Salah satu keunikan dari Pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah lokasinya yang pas untuk
    kegiatan selancar.
  2. Spot Pura Yang Menawan
    pemandangan pantai saja. Di sini, kamu bisa melihat pura yang menawan. Pura tersebut
    terletak di Kecamatan Pesanggrahan. Sementara nama pura tersebut ialah Pura Tawang Alun.
    Nama Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter.
  • Wisata Banyuwangi Pantai Rajegwesi

wisata banyuwangi

Pantai Rajegwesi Banyuwangi berada di Kecamatan Pesanggaran,Desa Sarongan. Pantai ini masih termasuk di dalam. Masyarakat setempat biasa menjadikan Pantai Rajegwesi Banyuwangi  sebagai tempat untuk memarkirkan kapal. Dalam bahasa jawa yang asal katanya dari Rajeg dan Wesi. (Rajeg) berarti tiang atau pagar, sedangkan (wesi) berarti besi. Dalam bahasa Indonesia berarti pagar besi.
Jajaran perahu nelayan yang terparkir di pinggir pantai menambah keunikan karena semakin mewarnai suasana Pantai Rajegwesi tersebut. Wisata ini mempunyai pasir berwarna kecoklatan sebab tercampur endapan lumpur dari sungai, kemudian terbawa hingga ke lautan. Wisata ini pernah di kuasai kolonial Jepang dengan membangun bunker pengintaian.

  • Pantai Blimbingsari

wisata banyuwangi

Pantai Blimbingsari Banyuwangi ini tak kalah dengan daerah lain di Indonesia.
Dan juga mempunyai banyak destinasi wisata alam dan bahari yang berhasil menarik perhatian traveler domestik maupun mancanegara.
Pantai Blimbingsari Banyuwangi ini menjadi sentra kuliner makanan ikan bakar dan aneka seafood Yang berada di selat Bali, menjadikan Banyuwangi melimpah akan ikan.
Pantai ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai salah satu lokasi Wisata di Banyuwangi.
Hal ini tidak disia siakan oleh warga Blimbingsari untuk menciptakan kuliner yang bisa memuaskan penikmat ikan bakar dan masakan berbahan hasil laut.

  • Hutan Djawatan

wisata banyuwangi

Hutan Djawatan Banyuwangi Tumbuh sama-sama besar dengan tajuk berbentuk seperti payung. Di retakan kulit batangnya tumbuh tumbuhan paku-pakuan yang menambah kesan tua pada pohon-pohon di hutan tersebut. Hutan tersebut namanya Hutan Djawatan.
Hutan kecil ini adalah warisan Belanda mengelola hutan-hutan dan sumberdaya alam di Jawa dan Madura bernama atau Jawatan Kehutanan.Karena peminatnya makin banyak akhirnya sekitar tahun 2018 peruntukannya berubah fungsi dari Tempat Penimbunan Kayu (TPK) pasca panen menjadi tempat wisata.

  • Wisata Goa Sodong

wisata Banyuwangi

Wisata Alam Goa Sodong Banyuwangi ini berada di kawasan Banyuwangi barat Letaknya di Kecamatan Giri sehingga tempat ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi barat. Untuk menuju ke Wisata ini ada dua pilihan yaitu rute untuk menuju wisata tersebut. Rute lewat Penataban dan Rute melewati desa Kemiren. Wisata Alam Goa Sodong Banyuwangi Rute Penataban kalian bisa melewati Jalan Brawijaya ke arah ketapang, setelah itu ada pertigaan kecil ambil arah ke barat atau ke kiri (Jalan Akasia). Ikuti jalan tersebut menyebrangi rel kereta api hingga sampai pertigaan balai desa Grogol. Dari depan Balai Desa Grogol akan ada dan petunjuk jalan berupa spanduk Wisata tersebut, kalian tinggal ikuti jalan saja. Jika kalian memilih rute desa Kemiren, arahkan kendaraan ke Desa Kemiren, setelah pertigaan sebelum Pesantogan Kemangi , belok ke kanan atau ke utara, melewati kolam renang dan sampai di perempatan besar, ambil arah utara atau lurus melewati desa Jambesari. Dari sini kalian tinggal ikuti jalan aspal saja hingga ketemu gapura masuk ke Wisata ini. Jika kalian membawa kendaraan mobil kalian bisa memarkirkan kendaraan di dekat gapura karena mobil tidak bisa masuk sampai dalam. Jika untuk memasuk ke tempat wisata ini kita harus membayar tiket masuk seharga Rp 4.000 per orang.

  • Pantai Sukamade

wisata banyuwangi

Wisata Pantai Sukamade merupakan obyek wisata alam yang berada di kawasan Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi. Keunikan Pantai Sukamade adalah pengalaman melihat penyu bertelur di malam hari yang tentunya tidak bisa didapat di sembarang pantai.  Seksi Pengendalian Ekosistem Hutan Madya Taman Nasional Meru Betir, Nur Rohmah mengatakan, hampir setiap malam terdapat penyu yang mendatangi kawasan Pantai Sukamade untuk bertelur.  “Hampir setiap malam ada yang mendarat dan bertelur, minimal dua ekor. Jarang sekali kejadian tidak ada penyu yang mendarat”
Pantai ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Teluk Hijau. Selain memiliki panorama pantai yang indah, pantai ini ternyata juga menjadi habitat bagi kawanan penyu yang dilindungi.

Untuk Merencanakan perjalanan anda kami sudah siapkan paket – paket atau Custom sesuai permintaan anda klik link berikut Request Perjalanan anda

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

2 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.